Kemenkumham Siap Mendukung Sensus 2020

posted in: Berita | 0

Dalam rangka menciptakan data kependudukan yang lengkap dan akurat untuk pembangunan yang lebih baik menuju Indonesia maju, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) ikut serta dalam gelaran sensus penduduk 2020. 

Kemenkumham sebagai instansi yang heterogen memiliki 59.440 pegawai serta 257.789 warga binaan pemasyarakatan, yang tersebar di 33 kantor wilayah dan lebih dari 800 satuan kerja di seluruh Indonesia. Hal ini tentu menjadi potensi yang besar sehingga pencatatan data kependudukan diperlukan demi terciptanya data berkualitas, akurat, dan aktual. 

Kaya akan sumber daya manusianya, Kemenkumham ingin turut memastikan bahwa seluruh penduduk Indonesia yang berada di bawah naungan Kemenkumham tercatat data kependudukannya mengikuti kondisi terkini. Kegiatan yang dilakukan tiap 10 tahun sekali ini terus mencatat peningkatan jumlah penduduk Indonesia, dilihat dari perubahan penduduk yang terus bergerak dinamis.

Adapun pelaksanaan sensus penduduk dilakukan dalam dua pilihan cara, yaitu sensus penduduk online yang akan berlangsung pada 15 Februari s.d. 31 Maret 2020 dengan mengakses langsung laman sensus.bps.go.id atau sensus penduduk wawancara pada 1 s.d. 31 Juli 2020 dengan didatangi petugas sensus.

Melalui sensus penduduk 2020, penduduk Indonesia dapat memperoleh manfaat antara lain tersedianya data kependudukan dan karakteristiknya, dasar evaluasi pembangunan nasional dan pembangunan manusia, dan dasar perencanaan di berbagai bidang, seperti transportasi, komunikasi, tata ruang dan lingkungan, ketenagakerjaan, perumahan, pendidikan, kesehatan, serta sosial dan budaya. 

Ayo bersama Kemenkumham kita sukseskan sensus penduduk 2020! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *