Sosialisasi Keimigrasian di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman

posted in: Berita | 0

Sobat Mido, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjungpinang menggelar acara Sosialisasi Keimigrasian dengan tema Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman pada hari Rabu (6/11/2019) Kemarin.

Bertempat di Aula STAIN Sultan Abdurrahman, acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjungpinang, bapak Hongky Juanda yang juga menjadi Narasumber pada kegiatan kali ini. Turut Pula dihadiri oleh Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman, Bapak Muhammad Faisal, Jajaran Pejabat Struktural Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjungpinang, para Dosen Pengajar dan Adik-adik Mahasiswa STAIN Sultan Abdurrahman dengan total peserta kurang lebih 150 orang.

Acara dibuka dengan kata sambutan dari Ketua STAIN Sultan Abdurrahman, Bapak Drs. Muhammad Faisal, M.Ag dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjungpinang, Bapak Drs. Hongky Juanda, M.Si.

Memasuki acara inti kegiatan Sosialisasi Keimigrasian dimana acara dibagi menjadi dua sesi, sesi yang pertama adalah penyampaian materi oleh Narasumber dan sesi yang kedua adalah sesi tanya Jawab. Bertindak sebagai Moderator yaitu Bapak Alex Yese Pasaribu selaku Kepala Sub Seksi Teknologi Informasi Keimigrasian yang membuka acara inti dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kepala Kantor Imigrasi Tanjungpinang, Bapak Hongky Juanda. Materi yang disampaikan adalah materi tentang Keimigrasian secara menyeluruh meliputi pengenalan apa itu imigrasi, pengenalan jenis-jenis paspor dan visa, pengawasan keimigrasian serta penanganan penempatan PMI non Prosedural dan tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Kegiatan Sosialisasi berlangsung lancar dan interaktif hal ini terlihat dari hampir semua peserta sosialisasi berpartisipasi dalam mengajukan pertanyaan mengenai keimigrasian yang dalam hal ini dapat dijawab langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjungpinang. Harapan dari kegiatan ini adalah agar dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada masyarakat terutama generasi muda yaitu dari kalangan mahasiswa. Mahasiswa merupakan kaum akademisi yang memiliki intelektual dan diharapkan dapat menjadi ujung tombak pemerintah dalam memberikan pemahaman terutama tentang pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Terlebih kota tanjungpinang merupakan kawasan yang strategis karena terletak didaerah yang menjadi perlintasan antar negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *